Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang
atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata
dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas,
ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan
pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak
swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan
kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis
mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka
berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini,
misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan
semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan
kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem
sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah,
masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Yang menjadi faktor perubahan ekonomi yaitu akibat :
- adanya era Globalisasi Pasar (Pasar Bebas)
- adanya era Teknologi (Informasi)
Pengertian Globalisasi Pasar (Pasar Bebas) adalah dimana adanya kegiatan bisnis yang tidak mengenal batas wilayah, dampaknya ialah yang terkuatlah yang bertahan dan yang paling memiliki marketable value.
Pengertian Teknologi (Informasi) adalah dimana adanya kegiatan bisnis tidak dilakukan secara langsung melainkan melalui media
Informasi (IT) yaitu melalui iklan dan situs online. Sebagai contoh
kita sering menjumpai situs-situs iklan maupun jual beli di internet,
itu menandakan si pelaku bisnis sudah tidak perlu memiliki subuah toko
atau galery yang cukup besar dan mewah karena sudah tergantikan dengan
media online.
Ada juga yang mempunyai toko
atau galery yang besar dan mewah tapi masih tetap menggunakan media
informasi, tujuannya adalah untuk menarik lebih banyak pengujung atau
konsumen untuk membeli produknya, karena di era seperti ini semua
kegiatan bisnis tidak bisa lepas dari media informasi salah satunya
ialah teknologi informasi.
Kesimpulan :
Pelaku bisnis tidak boleh ketinggalan dalam hal teknologi untuk memasarkan produknya, maka dari itu sekarang sarana teknologi informasi semakin mudah untuk kita dapatkan dengan harga yang relatif terjangkau.
Kita bisa beriklan dengan biaya yang murah
dengan cara membagikan selebaran di setiap stopan jalan (traffic light)
maupun di tempat-tempat wisata atau belanja yang banyak dikunjungi
orang.
Kita bisa beriklan bahkan langsung memasarkan produk yaitu melalui media internet, contoh : melalui domain web, facebook, twitter, blog, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar